Suara.com – Untuk mencapai kemerdekaan, bangsa Indonesia telah melalui sejarah panjang, salah satunya yaitu membentuk panitia sembilan. Dari hasil pembentukan panitia sembilan ini lahirlah Piagam Jakarta (Jakarta Charter). Siapa saja anggota panitia sembilan?

Diketahui, panitia sembilan atau yang dikenal juga dengan sebutan panitia kecil ini terbentuk pada tanggal 22 Juni 1945. Adapun tugas panitia sembilan yaitu membahas serta melakukan perumusan dasar kemerdekaan negara Indonesia merdeka.

Panitia sembilan ini terbentuk saat sidang pertama BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia), yakni usai Soekarno merumuskan Pancasila lima asas.

Secara rinci, tugas anggota Panitia Sembilan ini yaitu untuk mengumpulkan serta menyelidiki usul-usul tentang perumusan dasar negara Indonesia untuk kemudian dibahas pada saat sidang BPUPKI selanjutnya.

Baca Juga:
Sejarah Garuda Pancasila yang Jadi Lambang Negara Indonesia

Lantas, siapa saja anggota panitia sembilan? Melansir dari berbagai sumber, berikut ini daftar panitia sembilan yang tercatat dalam buku sejarah.

Daftar Anggota Panitia Sembilan

Ketua: Soekarno

Wakil Ketua: Moh. Hatta

Anggota:

Baca Juga:
Begini Masing-masing Arti Lambang Garuda Pancasila

  • Alexander Andries Maramis
  • Abikoesno Tjokrosoejoso
  • Abdoel Kahar Moezakir
  • Agus Salim
  • Ahmad Subardjo
  • Abdul Wahid Hasjim
  • Moh. Yamin

Dari daftar nama yang disebutkan di atas, salah satu di antaranya yakni Achmad Soebarjo diketahui turut serta merumuskan Piagam Jakarta. Menurut catatan sejarah, Ia turut menyumbangkan sebuah kalimat dalam Piagam Jakarta sebagai berikut:

“Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia”

Hasil Perumusan Panitia Sembilan

Hasil rumusan Panitia Sembilan yaitu Piagam Jakarta. Terciptanya rumusan Piagam Jakarta yaitu atas usilan Mohammad Yamin. Adapun bunyi rumusan Piagam Jakarta yakni seperti berikut ini:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan atau perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Dari rumusan piagam Jakarta dari hasil Panitia Sembilan tersebut, BPUPKI juga berhasil UUD (Undang-Undang Dasar) 1945 yang terbentuk tanggal 10 – 16 Juli 1945. UUD 1945 ini yang saat ini menjadi dasar negara Indonesia.

Demikian ulasan mengenai informasi daftar anggota Panitia Sembilan dan hasil rumusan Panitia Sembilan. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan para pembaca semuanya.

Kontributor : Ulil Azmi


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.