Suara.com – Lagu-lagu dari DJ Joko Tingkir viral di tiktok terutama yang berjudul Joko Tingkir Ngombe Dawet. Terlepas dari kontroversinya, apakah kalian sudah mengetahui bagaimana cara download mp3 Joko Tingkir?

Berikut ini beberapa tautan yang dapat dikunjungi untuk download mp3 Joko Tingkir.

Link download mp3 Joko Tingkir 

Di bawah ini link download mp3 Joko Tingkir untuk Anda yang memerlukannya:

Baca Juga:
Siapa Joko Tingkir? Ini Kisah Sosok yang Namanya Disebut di Lirik Lagu Viral

1)

2)

3)

4)

Lagu Joko Tingkir

Baca Juga:
Sudah Terkenal, Farel Prayoga Enggan Tinggal Jakarta: Di Kampung Enak, Dingin

Lirik lagunya menjadi sorotan khususnya di kalangan para ulama dan warga Lamongan, Jawa Tengah. Mereka mempermasalahkan pencantuman nama Joko Tingkir dalam lirik.

Menurut mereka, sesungguhnya Joko Tingkir merupakan ulama yang dihormati sehingga tidak pantas jika dimasukkan ke dalam lirik lagu dangdut koplo. Meskipun demikian, kontroversi ini justru menarik perhatian orang-orang untuk download Mp3 Joko Tingkir. 

Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet ini dapat ditemukan di channel Youtube Aneka Safari Records. Dalam channel tersebut, lagu ini dibawakan oleh Yeni Inka, sementara penulis lagu tidak dicantumkan namanya. Lagu diarrangement oleh Aneka Music. 

Adapun lirik lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet dikutip lansung dari channel  Aneka Safari Records, sebagai berikut:

Joko Tingkir Ngombe dawet

Jo dipikir marai mumet

Ngopek jamur nggone mbah wage

Pantang mundur terus nyambut gawe

Ning  Banyuwangi Tuku Ketan

Iki Cerito Anak Rantauan

Lombok Rawit Pedes Tenan

Golek Duwet Kanggo Masa Depan

Rokok Klobot Ning Ngisor Wit Mlinjo

Paling Abot Ninggal Anak Bojo

Tuku Donat Ning Kalimantan

Tetep Semangat Kanggo Masa Depan

Godong Knikir Godong Koro

Ojo Dipikir Aku Arep Ngliyo

Mangan Jamur Mangan Koro

Aku Jujur Kowe ra Percoyo

Sampai pada Sabtu, 20 Agustus 2022, lagu Joko Tingkir sudah ditonton sebanyak 20.398.191 (20,39 juta) penonton. Lagu tersebut juga masuk ke urutan nomor 21 video musik terpopuler di Youtube. 

Pendapat Ulama Tentang Lagu Joko Tingkir 

Lagu Joko Tingkir yang viral di paltform sosial media itu pun menjadi perbincangan di kalangan ulama. Mulai dari Gus Muwafiq, akademisi UINSA, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur, dan lain sebagainya. Gus Muwafiq mengekspresikan kejengkelannya pada pengarang lirik lagu “Joko Tingkir Ngombe Dawet” tersebut.

Bagian yang dipermasalahkannya adalah nama Joko Tingkir memiliki hubungan sejarah yang panjang sebagai tokoh dan nenek moyang bangsa Indonesia. Menurutnya, Joko Tingkir bukanlah orang sembarangan, ia merupakan ulama besar yang jadi nenek moyang ulama-ulama besar di Jawa. 

Merujuk kepada catatan nu.or.id yang menyampaikan catatan iai Ishomuddin Hadziq atau Gus Ishom, muhaqiq kumpulan karya Hadratussyekh KH Muhammad Hasyim Asy’ari, Joko Tingkir adalah kakek ke-3 dari KH Muhammad Hasyim Asy’ari, pendiri Nahdlatul Ulama. Itu berarti Gus Dur atau KH Abdurrahman Wahid adalah generasi ke-6. Dalam tahqiq kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim oleh Gus Ishom tercatat silsilah Joko Tingkir sebagaimana berikut:

Artinya:“Mengenal Penulis kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim. Nama dan nasabnya: beliau adalah (1) Muhammad Hasyim bin (2) Asy’ari, bin (3) Abdul Wahid, bin (4) Abdul Halim yang bergelar Pangeran Benowo, bin (5) Abdurrahman yang berjulukan Joko Tingkir dan bergelar Sultan Hadiwijoyo, bin (6) Abdullah, bin (7) Abdul Aziz, bin (9) Abdul Fatah, bin (10) Maulana Ishaq ayahnya Raden Ainul Yaqin yang terkenal dengan gelar Sunan Giri, Tebuireng Jombang. (Ishomuddin Hadziq, Tahqiq Adabul ‘Alim wal Muta’allim, [Jombang, Maktabatut Turatsil Islami: 1415], halaman 3).

Dengan demikian, tidak seharusnya orang-orang memanfaatkan nama Joko Tingkir untuk kesenang-senangan belaka, apalagi diparodikan secara tidak hormat. 

Nah itulah cara download mp3 Joko Tingkir dan penjelasan tentang kontroversi yang menyertainya.

Kontributor : Mutaya Saroh


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.