Jakarta (ANTARA) – Ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 dinilai sebagai medium informasi perkembangan industri otomotif Indonesia di mata dunia.

“Sebagai sebuah pameran internasional yang mengedepankan teknologi, GIIAS adalah media yang tepat untuk memberi informasi perkembangan industri otomotif Indonesia di mata dunia,” ujar Ketua Penyelenggara GIIAS 2022 sekaligus Ketua III GAIKINDO, Rizwan Alamsjah dalam acara penutupan GIIAS 2022, di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (20/8) malam.

Tahun ini GIIAS menghadirkan 25 merek kendaraan penumpang dan kendaraan komersial, 15 merek sepeda motor, serta lebih dari 100 merek dari industri pendukung.

Baca juga: Rasakan nikmatnya kendaraan elektrik bisa dilakukan di GIIAS 2022

GIIAS 2022, kata dia, juga kembali menjadi tuan rumah bagi kehadiran inovasi teknologi otomotif. Tidak kurang dari 38 kendaraan diperkenalkan, termasuk di antaranya kendaraan listrik.

Tersaji pula ragam teknologi dan inovasi menarik yang dipamerkan hampir di semua ruang pamer. Selain itu, GIIAS tahun ini juga menghadirkan program khusus test drive kendaraan listrik yang dihelat di indoor Hall-10.

Rizwan menyebut test drive tersebut telah diikuti ratusan pengunjung setiap harinya. Hal itu membuktikan antusias pengunjung terhadap kendaraan ramah lingkungan semakin meningkat.

“Area indoor test drive kendaraan listrik GIIAS untuk menekankan keunggulan kendaraan bermotor listrik, yaitu yang tidak menghasilkan polusi gas buang dan suara. Area ini menjadi wadah yang memenuhi keinginan masyarakat untuk merasakan langsung performa kendaraan listrik,” kata Rizwan.

Selama 10 hari penyelenggaraan pameran, GIIAS 2022 telah dikunjungi lebih dari 330.000 orang. Rizwan mengatakan jumlah kedatangan pengunjung tersebut meningkat sekitar 30 persen dibanding penyelenggaraan tahun lalu.

Secara keseluruhan, Rizwan menilai gelaran GIIAS 2022 telah membuat industri otomotif nasional lebih hidup. Semua anggota Gaikindo berupaya menampilkan yang terbaik dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Hal tersebut dipandang sebagai komitmen industri otomotif nasional untuk membuat pencapaian otomotif, sekaligus menjadi momentum keberlanjutan bangkitnya otomotif nasional.

Lebih lanjut dia mengatakan keberhasilan pameran GIIAS 2022 tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, seperti pemerintah, peserta agen pemegang merek, media, dan para sponsor pendukung.

“Terima kasih juga untuk para pengunjung setia GIIAS. Kami harapkan dukungan yang sama penyelenggaraan GIIAS tahun 2023 yang akan diadakan pada 10 sampai 20 Agustus 2023 di ICE BSD City. Sampai bertemu di acara tersebut di tahun 2023,” pungkas Rizwan.

Baca juga: Toyota jual 70 unit mobil elektrifikasi di GIIAS 2022

Baca juga: Balada para “usher”, melawan dingin demi cuan di akhir pameran

Baca juga: Tanggapan calon konsumen terkait mobil listrik di Indonesia

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari otomotif.antaranews.com.