Jakarta (ANTARA) – Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Kuntoro Boga Andri menyebutkan, stok beras nasional mencapai lebih dari 10 juta ton pada April 2022 dan surplus neraca perdagangan Indonesia mencapai 4,2 miliar dolar AS menjadi pemberitaan kemarin yang menarik dibaca hari ini. Simak selengkapnya.

 

Kementan sebut stok beras nasional lebih dari 10 juta ton

 

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Kuntoro Boga Andri menyebutkan stok beras nasional mencapai lebih dari 10 juta ton pada April 2022 sehingga mendapatkan penghargaan dari Lembaga Penelitian Padi Internasional (International Rice Research Institution/IRRI) karena swasembada beras.

 

Kuntoro dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin, menyampaikan bahwa kondisi beras dalam kondisi sangat aman dan sudah bisa mencukupi kebutuhan konsumsi.

 

Sandiaga pastikan tidak semua destinasi wisata alami kenaikan tarif

 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memastikan tidak semua destinasi pariwisata nantinya mengalami kenaikan tarif, demi menjaga aspek kualitas dan keberlanjutannya.

 

Hal itu berkaca pada rencana kenaikan tarif Candi Borobudur dan Taman Nasional Komodo yang dilakukan untuk membatasi pengunjung demi mendukung konservasi destinasi tersebut.

 

BPS: Penurunan harga CPO sinyal berakhirnya “windfall” komoditas

 

Deputi Bidang Statistik Distribusi Dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Setianto menyebutkan penurunan harga Crude Palm Oil (CPO) dunia menjadi sinyal berakhirnya momen windfall (rezeki nomplok) dari harga komoditas di pasar global.

 

“Penurunan harga komoditas unggulan tersebut seperti minyak sawit mentah (CPO) dan nikel menjadi sinyal berakhirnya windfall harga komoditas,” kata Setianto saat menggelar konferensi pers di Jakarta, Senin.

 

Kemenperin bidik ekspor bumbu masak 2 miliar dolar AS

 

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengincar ekspor bumbu masak senilai dua miliar dolar AS untuk mendukung Program Indonesia Spice Up The World (ISUTW), sekaligus mempromosikan kuliner Indonesia, serta mengangkat produk rempah dan bumbu masakan merek lokal Indonesia.

 

“Kemenperin mendukung Program ISUTW sebagai salah satu upaya promosi peningkatan pasar rempah dan bumbu masak Indonesia melalui pameran dalam negeri, marketplace lokal dan marketplace global,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita lewat keterangannya di Jakarta, Senin.

 

Neraca Perdagangan RI surplus 4,23 miliar dolar AS pada Juli 2022

 

Badan Pusat Statistik (BPS) melansir neraca perdagangan Indonesia mencatatkan surplus 4,23 miliar dolar AS pada Juli 2022, yang sekaligus sebagai surplus ke-27 bulan berturut-turut sejak Mei 2020.

 

“Surplus Juli ini berasal dari nilai ekspor sebesar 25,57 miliar dolar AS dan impor 21,35 miliar dolar AS,” kata Deputi Bidang Statistik Distribusi Dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Setianto saat menggelar konferensi pers di Jakarta, Senin.

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.