tentang.co.idSalah satu petenis terbaik sepanjang masa telah mengumumkan pensiun dari olahraga yang telah membesarkan namanya.

Federer mengumumkan bahwa ia akan pensiun setelah Turnamen Laver Cup bulan ini (September) berakhir. Turnamen itu akan digelar di London 23-25 September.

Turnamen tersebut akan menjadi ajang perpisahan Federer sebagai atlet tenis.

Beberapa faktor yang menjadi alasan mengapa ia akan memutuskan pensiun di usia 41 tahun ini. Kondisi fisik yang kian menurun dan cedera yang kerap dialaminya, hingga harus di operasi.

Hingga kini, Federer terbilang salah satu sosok petenis paling sukses. Sepanjang karirnya, ia mengoleksi 20 trofi Grand Slam.

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari Reuters.com, ia menyampaikan terima kasih kepada keluarganya, seluruh ]fans nya, hingga timnya yang selalu mensupport dan memberi saran kepadanya.

“Ini adalah keputusan yang pahit, karena saya akan merindukan semua yang telah diberikan kepada saya. Tetapi pada saat yang sama, ada begitu banyak yang harus dirayakan. Saya menganggap diri saya salah satu orang paling beruntung di bumi,” ucapnya.

Federer telah melakoni sekitar 1.500 laga dan memenangkan 1.251 selama 24 tahun berkarier. Dengan pencapaian itu, ia pantas disebut legenda tenis.

Keputusannya untuk ‘gantung raket’ membuat beberapa rekan, dan pesaingnya melontarkan komentar, baik secara langsung maupun di media sosial.

“Saya berharap hari ini tidak akan pernah datang (terjadi). Ini adalah hari yang menyedihkan bagi saya secara pribadi dan untuk olahraga di seluruh dunia,” kata Rafael Nadal dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Reuters.com.

Tak hanya petenis pria, Serena Williams sebagai mantan petenis wanita pun ikut mengomentari putusan pensiunnya Federer.

“Saya selalu memandang Anda (Federer) dan mengagumi Anda. Jalan kami selalu sangat mirip. Anda menginspirasi jutaan orang yang tak terhitung jumlahnya, termasuk saya, dan kami tidak akan pernah lupa,” ucapnya.

Tidak hanya atlet petenis saja, kapten timnas Argentina dan penyerang Paris Saint-Germain, Lionel Messi juga melontarkan pujian kepada sang maestro dari Swiss.

“Seorang jenius, unik dalam sejarah tenis dan contoh untuk atlet manapun. Terbaik di tahap barumu, kami akan merindukan melihatmu di lapangan membuat kami menikmati,” tutur Messi dalam unggahannya di Instagram @leomessi.(Rifki Ahmad Ferdiansyah)***