Suara.com – Sulawesi adalah pulau terbesar keempat di Indonesia yang memiliki luas sekitar 174.600 km persegi dan terdiri dari berbagai suku. Apa saja suku-suku di pulau Sulawesi itu? 

Diketahui, pulau Sulawesi terbagi jadi enam provinsi yakni Sulawesi Barat (ibukota Mamuju), Sulawesi Tengah (ibukota Palu),  Sulawesi Selatan (ibukota Makassar), Gorontalo (ibukota Gorontalo), Sulawesi Utara (ibukota Manado), dan Sulawesi Tenggara (ibukota Kendari).

Dari keenam provinsi tersebut, Suku Bugis adalah salah satu suku paling dominan di pulau yang letaknya diapit antara Pulau Kalimantan dan Kepulauan Maluku ini. Etnis yang berasal dari Celebes ini keberadaannya tersebar di berbagai daerah Pulau Sulawesi.

Selain Suku Bugis, ada juga beberapa suku bangsa lainnya yang ada di Pulau Sulawesi.  Untuk selengkapnya, berikut ini daftar suku-suku di pulau Sulawesi yang dihimpun dari berbagai sumber.  

Baca Juga:
Mengenal Tari Paduppa, Tarian Penyambutan Tamu Khas Suku Bugis

1. Suku Bugis

Suku Bugis adalah suku paling banyak menempati wilayah Pulau Sulawesi. Penyebaran suku ini ada di Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulawesi Tengah (Sulteng), dan Sulawesi Tenggara. Suku ini dalam kesehariannya menggunakan bahasa Bugis. 

2. Suku Mandar

Selain suku bugis, di Pulau Sulawesi juga ada suku Mandar. Suku Mandar lebih banyak mendiami wilayah Sulawesi Barat. Namun ada juga mendiami wilayah Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan. Suku ini menggunakan bahasa Mandar dalam kesehariannya. 

3. Suku Toraja

Baca Juga:
Kondisi Geografis Pulau Sulawesi Berdasarkan Peta, Lengkap dengan Batas

Ada juga suku lainnya yang ada di Sulawesi yaitu Suku Toraja. Suku ini menempati pegunungan bagian utara di Sulawesi Selatan. Selain itu, persebarannya juga ada di Tana Toraja, Mamasa, dan Toraja Utara.

Suku Toraja ini mayoritas beragama Kristen Protestan. Suku ini menggunakan Toraja-Sa’dan, Ta’e, Talondo’, Mamasa, Kalumpang, dan Toala’.

4. Suku Makassar

Suku Makassar merupakan sebutan suku yang mendiami pesisir bagian selatan Pulau Sulawesi. Suku ini menggunakan bahasa Bentong, Konjo, dan Selajar. Suku ini dikenal berani, berjiwa penakluk, dan menjunjung tinggi demokrasi.

5. Suku Buton

Suku Buton ini mendiami Sulawesi Tenggara, Kepulauan Buton. Karena terletak di daerah kepulauan, Suku Buton ini termasuk suku pelaut. Adapun bahasa suku Buton yang digunakan sehari-hari yaitu bahasa Wolio. 

6. Suku Minahasa

Suku Minahasa menempati Sulawesi Utara.  Suku terbesar di Pulau Sulawesi dalam percakapan sehari-hari menggunakan bahasa Manado, bahasa Tonsawang, bahasa Tombulu,  bahasa Tontemboan, dan bahasa Tonsea. 

7. Suku Talaud

Suku Talaud adalah suku yang berada di Sulawesi Utara, yang menempati pulau-pulau kecil di Kepulauan Sangir, Kab. Talaud.

Adapun Suku Talaud ini mempunyai enam dialek bahasa seperti Essang, Nanusa, Kabaruan, Miangas, Karakelang, dan Sali-Babu. Selain itu, suku ini juga ada yang memakai bahasa Melayu Manado.

Demikian informasi mengenai suku-suku di Pulau Sulawesi yang menarik untuk diketahui. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan para pembaca.

Kontributor : Ulil Azmi


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.