tentang.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mendukung penuh penyelenggaraan Sail Tidore 2022 di Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara pada 24-29 November.

Amali menghadiri rapat koordinasi yang dipimpin langsung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan secara virtual, Selasa.

Dalam kesempatan ini, Amali menyampaikan dalam acara Sail Tidore 2022, Kemenpora berperan sebagai pendukung .

“Posisi kami di sini (acara Sail Tidore 2022) hanya sebagai peran pendukung saja. Tugas kami sudah jelas untuk memeriahkan, kami sudah menyiapkan kegiatannya,” ujar Amali seperti dilansir laman resmi Kemenpora di Jakarta, Selasa.

“Kegiatan kami menjadi tanggung jawab kami yang akan dilaksanakan saat acara puncak Sail Tidore 2022,” ujarnya.

Sebelumnya, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pelaksanaan Sail Tidore 2022 dapat menjadi daya tarik dalam rangka mendorong pembangunan dan perekonomian masyarakat.

“Tujuan pelaksanaan Sail Tidore 2022 sebagai ajang ekonomi. Jadi harus ada nilai tambahnya. Kalau kita lihat studi kasus Sail Sabang 2017 merupakan penyelenggaraan sail terbesar dibandingkan dengan Sail sebelumnya seperti Banda (2010), Wakatobi-Belitong (2011), Komodo (2013), Raja Ampat (2014), dan Tomini (2015),” kata Luhut.

Penyelenggaraan ini, lanjut Luhut, berdampak positif terhadap kunjungan wisata.

“Ada beberapa hal yang dapat dipelajari terkait wisata ini yaitu promosi intensif pada travel fair, pelaksanaan side event, dan pembentukan jalur sailing dengan destinasi di luar negeri,” katanya.