Suara.com – PAN baru saja menutup agenda Rapat Kerja Nasional atau Rakernas partai pada Sabtu (27/8/2022) malam di Istora Senayan, Jakarta. Dalam acara itu, Ketum Zulkifli Hasan sekaligus mengumumkan nama-nama yang direkomendasikan sebagai calon presiden.

Total ada sembilan nama capres yang diumumkan Zulkifli Hasan saat penutupan Rakernas PAN itu. Sembilan nama itu berasal dari elite partai, menteri hingga kepala daerah, salah satunya ada nama Puan Maharani.

“Ibu Puan Maharani dari PDI Perjuangan,” ujar Zulikfi Hasan atau Zulhas saat mengumumkan nama-nama usulan capres.

Ucapan Zulhas itu sontak langsung dibalas sorakan dan teriakan dari mayoritas kader PAN yang hadir malam itu.

Baca Juga:
Pesan Jokowi Di Rakernas PAN: Jadilah Langit Biru Yang Meneduhkan

“Huuuu,” teriak dan sorakan para kader menggema seketika.

“Ini kan dari (kategori) partai,” ucap Zulhas tampak mencoba menenangkan.

Menurut Zulhas, nama-nama yang diusulkan itu merupakan hasil yang telah dimusyawarahkan di Rakernas PAN.

“PAN telah melaksanakan ‘Program PAN Memilih’ untuk calon-calon kepemimpinan nasional. Mekanisme demokrasi yang dijalankan partai amanat nasional adalah melakukan penjaringan aspirasi rakyat di tingkat akar rumput melalui mekanisme partai, yaitu di rapat kerja daerah (rakerda) PAN di 514 kabupaten atau kota. Prosesnya sangat demokratis. Tanpa adanya tekanan atau paksaan. Semua kader dapat mengusulkan aspirasi rakyat melalui forum rakerda,” papar Zulhas.

“Setelah itu, hasil keputusan rakerda PAN dibawa ke tingkat rapat kerja wilayah (rakerwil) di 34 provinsi. Suasananya sungguh dinamis dan demokratis. Keindahan dalam perdebatan dan kebebasan berpendapat mewarnai proses itu. Selanjutnya, hasil rakerwil pan di bawa ke rapat kerja nasional (rakernas) PAN, hari ini,” lanjut Zulhas.

Baca Juga:
Zulhas Sebut Usulan Puan Maharani Jadi Bakal Capres Diajukan DPW PAN Jakarta

Daftar 9 Nama Usulan Capres PAN


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.