Yang menggairahkan dari turnamen ini adalah yang U-23 itu dari sisi permainan, kami lihat potensial untuk kami kembangkan

Jakarta (ANTARA) – Project Director Livin by Mandiri Indonesia 3X3 Tournament Chaerul Anwar Azis mengatakan pebasket muda potensial bermunculan pada kelompok umur U-18 dan U-23 selama turnamen bola basket 3×3 itu bergulir.

Tak ayal, kata Azis, ajang ini menjadi program youth development Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) yang pada setiap serinya bisa dijadikan talent scouting untuk seleksi masuk tim nasional.

“Yang menggairahkan dari turnamen ini adalah yang U-23 itu dari sisi permainan, kami lihat potensial untuk kami kembangkan. Makanya ini jadi program youth development-nya Perbasi. Jadi memang ajang ini sebagai salah satu talent scouting,” kata Azis dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Baca juga: “Livin by Mandiri Indonesia 3X3 Tournament” Jateng-DIY siap digelar

Indonesia 3X3 Tournament memasuki Province Finals di Atrium Sleman City Hall untuk Seri Jawa Tengah dan DI Yogyakarta pada 20-21 Agustus.

Tim yang bersaing telah mempersiapkan diri untuk bisa menjadi yang terbaik dalam ajang yang diprakarsai PT Supersport Sensation International dan PP PERBASI tersebut.

Misalnya tim kategori U-23 putri, Sahabat Semarang, yang terus mengasah kemampuan sebelum tampil dalam Indonesia 3X3 Tournament.

“Kami telah melakukan persiapan dengan latihan rutin karena kami tahu persaingan akan ketat. Semuanya pasti mengeluarkan yang terbaik, karena ini soal berangkat ke next stage (tahap berikutnya). Semuanya hustle (gesit) semuanya juga ingin menang jadi kami aware (peduli) sama musuh, mereka tak mau kalah, kami lebih tak mau kalah lagi,” kata Gaby, roster Sahabat Semarang.

Baca juga: Turnamen basket 3×3 Bandung dinilai bagus untuk tambah jam terbang

Hal senada juga diungkapkan Putri Antonsari salah satu roster dari tim Triple V Karanganyar. “Di sini kami bisa menambah jam terbang. Selain itu kami juga punya target menjadi juara,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Livin by Mandiri Indonesia 3X3 Tournament ini menyajikan persaingan dari peserta remaja usia 18 dan 23 tahun, baik pada sektor putra maupun putri.

Saat ini ajang ini memasuki Province Finals dari Seri Jawa Tengah dan DI Yogyakarta setelah sebelumnya seri Jabodetabek dan Jawa Barat.

Usai seri ketiga di Yogyakarta, turnamen 3×3 ini akan menggelar seri keempat di Surabaya Jawa Timur pada Oktober mendatang. Tim terbaik dari masing-masing provinsi akan kembali diadu di Jakarta akhir tahun ini.

Baca juga: Peserta Livin Mandiri Indonesia 3×3 wajib lolos tes antigen

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.