Suara.com – Sebanyak 42 buronan berhasil ditangkap sepanjang 2022 oleh Kepolisian Shanghai, China dan uang senilai 140 juta yuan atau sekitar Rp305,49 miliar berhasil diselamatkan.

Selama tiga bulan terakhir, dari 42 buronan itu, 20 di antaranya ditangkap di sembilan negara.

Berdasarkan informasi dari Kepolisian Shanghai yang dikutip dari media setempat, sebanyak 14 dari 42 buronan terlibat kasus penipuan dan bisnis ilegal.

Sejak Juli 2014 silam, Kementerian Keamanan Publik (MPS) atau kepolisian China telah melancarkan program “Fox Hunt” untuk memburu para pelaku kejahatan ekonomi yang melarikan diri ke luar negeri.

Baca Juga:
Video Viral Ayah Asyik Main HP, Anak Balitanya Main dan Makan Kotoran Sendiri

Kepolisian Shanghai juga telah mengirimkan 68 tim pemburu ke berbagai negara dalam kurun waktu delapan tahun terakhir.

Tim tersebut berhasil meringkus 886 buronan di 47 negara melalui berbagai tindakan, seperti repatriasi, ekstradisi, dan persuasi.

Sementara itu, Kepolisian Shanghai terus meningkatkan kerja sama dengan kepolisian negara lain dan mendapatkan dukungan penuh dari beberapa perwakilan pemerintah China di luar negeri.

Bekerja sama dengan Interpol, kepolisian Shanghai juga telah mengeluarkan red notice tentang 170 tersangka kejahatan ekonomi yang melarikan diri ke luar negeri.

Pelaku kejahatan ekonomi yang dimaksud oleh aparat China tersebut mencakup para pejabat yang diduga melakukan tindak pidana korupsi dan kemudian melarikan diri ke luar negeri. [ANTARA]

Baca Juga:
Dinilai Tak Sebaik 2 Season Sebelumnya, Ode to Joy 3 Dikritik


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.