Jakarta (ANTARA) – Selama sepekan (15-20 Agustus), berbagai peristiwa politik telah diberitakan Kantor Berita ANTARA mulai 40 partai politik (parpol) mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Inspektur Upacara HUT Ke-77 RI di Istana Merdeka Jakarta.

Berikut rangkuman berita politik sepekan yang layak disimak pagi ini.

1. KPU: 40 Parpol mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mencatat 40 partai politik (parpol) resmi mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 hingga batas waktu penutupan, Minggu (14/8) pukul 23.59 WIB.

“40 Parpol resmi mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024,” kata Komisioner KPU RI August Mellaz dalam jumpa pers di Jakarta, Senin dini hari.

Selengkapnya baca di sini.

2. MPR RI gelar Sidang Tahunan 2022

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Selasa pagi ini, menggelar Sidang Tahunan 2022 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun RI Ke-77 di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara, Jakarta.

Dalam rangkaiannya, Sidang Tahunan MPR akan dibuka dengan agenda Pidato Presiden RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022.

Selengkapnya baca di sini.

3. Presiden tegaskan lima agenda besar nasional tidak boleh terhenti

Presiden RI Joko Widodo menegaskan ada lima agenda besar nasional yang tidak boleh berhenti meskipun krisis dan konflik geopolitik masih menghantui dunia.

Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan untuk selalu cermat dan waspada dalam bertindak dan menerapkan eling lan waspada.

Selengkapnya baca di sini.

4. Presiden minta daerah pakai anggaran tidak terduga untuk tekan inflasi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah daerah untuk memakai pos anggaran belanja tidak terduga dalam APBD masing-masing untuk berbagai kebijakan yang dibutuhkan demi menekan laju inflasi di wilayahnya.

Untuk memberi payung hukum, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sudah diperintahkan mengeluarkan regulasi, kata Presiden saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2022 di Istana Negara, Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

5. Presiden Jokowi jadi Inspektur Upacara HUT Ke-77 RI

Presiden Joko Widodo menjadi Inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Tahun 2022 di Istana Merdeka Jakarta, Rabu.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo mengenakan pakaian adat dari Buton, Sulawesi Tenggara. Presiden Jokowi mengenakan baju dengan dominasi warna merah dan putih, sedangkan Ibu Negara mengenakan pakaian dengan warna biru cerah dan emas.

Selengkapnya baca di sini.

 

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.