Joko Tingkir atau Jaka Tingkir menjadi perbincangan lantaran disebut dalam sebuah lagu viral dan kontroversial belakangan ini. Joko Tingkir muncul dalam lirik “Joko Tingkir Ngombe Dawet”. Lagu tersebut viral di kalangan masyarakat.

Namun sayangnya, lagu itu dianggap melecehkan dan merendahkan Joko Tingkir. Kemudian muncul pertanyaan siapa Joko Tingkir? Sosok yang namanya disebut di lirik lagu viral.

Joko Tingkir adalah sosok yang lahir pada 18 Jumadilakhir tahun Dal Mangsa VIII saat hampir subuh. Ia memiliki nama Mas Karebet. Nama itu muncul ketika ayahnya yang bernama Ki Ageng Pengging yang sedang menggelar pertunjukkan wayang beber. 

Pertunjukkan wayang tersebut menghadirkan Ki Ageng Tingkir sebagai dalangnya. Suara wayang tersebut seperti “kemebret” tertiup angin dan membuat Joko Tingkir diberi nama Mas Karebet.

Baca Juga:
Disorot Ulama, Pencipta Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet Minta Maaf

Raja Kerajaan Pajang

Mas Karebet atau Jaka atau Joko Tingkir merupakan raja dan sultan pertama dari Kerajaan Pajang. Joko Tingkir juga dikenal dengan nama Sultan Hadiwijaya atau Adiwijaya. Ia memerintah Kerajaan Pajang dari 1568 hingga 1582.

Joko Tingkir dikenal sebagai ulama besar yang masyhur dan seorang murid kesayangan Sunan Kalijaga. 

Berkaitan dengan garis keturunannya, secara sederhana, Joko Tingkir merupakan kakek ketiga dari Kyai Haji Muhammad Hasyim Asyari yang merupakan pendiri Nahdlatul Ulama. Kemudian disebutkan pula bahwa Gus Dur ata Kyai Haji Abdurrahman Wahid adalah generasi keenam keturunan Joko Tingkir.

Garis ketururnan Mas Karebet atau Joko Tingkir ini sampai pada Sunan Giri. Oleh karena itu, Joko Tingkir adalah sesepuh dari tokoh-tokoh agama yang sangat dihormati di Indonesia. Ia memperjuangkan agama Islam dan diteruskan oleh cucu-cucunya hingga saat ini.

Baca Juga:
Terkuak, FERDI AZIZ Nama Pencipta Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet, Youtuber TAMA HALU 008 dari Lampung

Kontroversi Lagu Joko Tingkir yang Viral

Nama Joko Tingkir menjadi perbincangan lantaran disebut dalam lagu berlirik “Joko Tingkir Ngombe Dawet”. Lagu itu dibawakan oleh penyanyi cilik bernama Tama Halu. Lagu tersebut menjadi perbincangan dan banyak orang yang mengcovernya. Salah satu penyanyi yang viral dalam meng-cover lagu tersebut adalah Farel Prayoga, penyanyi asal Banyuwangi, Jawa Timur.

Pihak label pun menanggapi terkait identitas pencipta lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet. Sandi Records Digital mengonfirmasi penyanyi asli lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet adalah Tama Halu. Pencipta aslinya juga Tama Halu. Lagu tersebut release pada 1 Juni 2022.

Demikian penjelasan terkait siapa Joko Tingkir, sosok yang namanya disebut dalam lagu.

Kontributor : Annisa Fianni Sisma


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.