Mamuju (ANTARA) – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-114 yang dilaksanakan Kodim 1418 Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar penyuluhan hukum kepada masyarakat.

“TMMD Kodim 1418 Mamuju, bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri Mamuju memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat di Kelurahan Sinyonyoi Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju,” kata Komandan Kodim (Dandim) 1418 Mamuju, Letkol Infanteri, Imasfy, SE, di Mamuju, Senin.

Ia mengatakan, program penyuluhan hukum tersebut merupakan kegiatan non fisik yang dilaksanakan Kodim 1418 Mamuju di Lingkungan Kassa Kelurahan Sinyonyoi Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju, dalam mensukseskan TMMD.

Wakil Kejaksaan Wakil Negeri (Wakajari) Mamuju Hasnul Fadli SH, MH mengatakan, penyuluhan hukum yang diberikan kepada masyarakat ini merupakan upaya untuk memberikan pemahaman tentang hukum kepada masyarakat, agar masyarakat mudah memahami dan melaksanakan aturan tentang hukum yang berlaku.

“Kejaksaan itu mempunyai tugas dan kewenangan yang luas, tidak terbatas pada penuntutan saja, melainkan juga memberikan konsultasi hukum terkait berbagai permasalahan hukum yang di hadapi di masyarakat,” katanya

Ia menyampaikan, agar masyarakat juga memahami tugas dan fungsi kejaksaan, maka penyuluhan ini juga dilaksanakan.

“Silahkan masyarakat melapor atau berkonsultasi jika menghadapi permasalahan hukum, kejaksaan juga akan terbuka memberikan konsultasi hukum,” katanya.

Ia juga mengatakan, penyuluhan hukum tersebut juga diberikan sebagai edukasi dan langkah preventif guna menghindari perbuatan yang melanggar hukum, serta untuk menciptakan ketertiban, keamanan dan kenyamanan di lingkungan masyarakat.

Ia berharap, masyarakat dapat mengenal hukum dengan penyuluhan hukum yang dilaksanakan sehingga masyarakat dapat menghlndari pelanggaran hukum

Kepala Lingkungan Kassa Kelurahan Sinyonyoi Najamuddin menyampaikan ucapan terima kasih atas adanya program penyuluhan hukum TMMD Kodim Mamuju dan Kejaksaan Mamuju.

“Dengan adanya penyuluhan hukum ini warga mengetahui dasar hukum, dan menumbuhkan kesadaran untuk mentaati hukum, serta norma yang berlaku di Lingkungan tempat tinggalnya,” ujarnya .

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.