tentang.co.id – Maraknya kasus kebocoran data akhir-akhir ini, membuat banyak orang waspada.

Pada era digital seperti saat ini, lebih sulit melindungi privasi kita di dunia maya, dibandingkan di dunia nyata.

Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada cara melindungi privasi kita di dunia maya.

Dikutip Pikiran-rakyat.com dari Aura.com, berikut adalah empat langkah yang bisa dilakukan untuk melindungi privasi secara online.

1. Jangan Oversharing di Media Sosial

Kebiasaan membagikan momen-momen pribadi di media sosial harus adalah hal yang lazim saat ini.

Tetapi, kita juga harus tetap berhati-hati mengenai hal apa saja yang akan kita sebarkan di media sosial .

Kita harus lebih berhati-hati dalam mengunggah foto kita dan orang-orang tersayang, unggahan yang disertai tag, atau informasi apa pun yang mengandung data pribadi .

2. Gunakan Password yang Kuat dan Unik

Password yang kuat dan unik adalah hal yang sangat penting, bahkan mungkin saja password menjadi satu-satunya bentuk pertahanan kita dalam menghadapi peretas atau tindakan pencurian identitas.

Jangan sampai kita menggunakan satu password yang sama untuk semua jenis akun elektronik yang dimiliki. Gunakan platform password manager untuk mengelola password yang berbeda-beda di setiap akun milik kita.

3. Perketat Privacy Settings untuk Setiap Akun

Sebuah perusahaan cenderung menghasilkan uang dengan mengumpulkan informasi pribadi konsumennya. Tidak jarang pula perusahaan-perusahaan tersebut tidak mampu melindungi data pribadi konsumennya.

Yang bisa kita lakukan adalah perketat secara mandiri privacy settings akun milik kita. Langkah ini dapat dilakukan dengan cara menonaktifkan GPS, bijak dalam mengunggah sesuatu di media sosial , serta batasi apa yang kita sukai, sebarkan, dan komentari.

4. Lakukan Pembaruan Perangkat Lunak

Sebagian besar tindakan peretasan dilakukan dengan memanfaatkan kerentanan dalam sebuah PC yang belum dilakukan upgrade. Maka dari itu penting bagi kita untuk tidak mengabaikan notifikasi pembaruan yang kerap kali muncul otomatis di layar PC. (Annisa Roffina Nurprili)***