tentang.co.id – Pembaruan gratis mencakup layar kunci baru dengan widget, batalkan pengiriman dan edit untuk iMessage, haptics keyboard baru, aplikasi Home baru, dan banyak lagi.

iPadOS tidak akan diperbarui ke versi 16 hari ini, karena akan dikirimkan nanti sebagai rilis iPadOS 16.1.

Layar kunci adalah tempat sebagian besar peningkatan nyata di iOS 16 yang dapat dilihat.

Kamu sekarang dapat menambahkan widget ke layar kunci dan mereka dapat bertindak seperti cara menyajikan pemberitahuan.

Pada model iPhone 14 Pro, widget ini bahkan akan muncul saat perangkat mati berkat tampilan baru yang selalu aktif.

Buat kamu pengguna iMessage harian, ada berbagai peningkatan dengan iOS 16.

Sekarang kamu dapat mengedit pesan hingga 15 menit setelah dikirim dan bahkan dapat membatalkan pesan apa pun hingga dua menit setelah mengirimnya.

Apple juga telah menambahkan fitur “tandai sebagai belum dibaca” sehingga kamu dapat mengingat untuk membalas pesan nanti.

Buat penggemar pesan audio, maka iOS 16 menambahkan kemampuan untuk mempercepat atau memundurkan saat kamu mendengarkannya.

Pengguna aplikasi Mail bawaan Apple akan mendapatkan opsi pengiriman terjadwal baru di iOS 16, di samping kemampuan membatalkan pengiriman email dengan cepat tepat setelah dikirim.

Ada juga fitur “ingatkan saya” sehingga email akan melompat kembali ke bagian atas kotak masuk dan pesan email terkirim yang lebih lama akan muncul di bagian atas kotak masuk (seperti Gmail), untuk meminta kamu mengirim pesan balasan.

Salah satu peningkatan terbaik untuk iOS 16 adalah haptics keyboard bawaan sehingga kamu dapat merasakan getaran saat mengetik.

Haptics sebelumnya hanya tersedia di dalam aplikasi atau saat kamu mengaktifkan fitur seperti senter dari layar kunci.

Kamu dapat mengaktifkan haptics baru di dalam area setelan di iOS 16.

iOS 16 juga menyertakan aplikasi Home yang didesain ulang dengan tampilan kamera dan widget baru di layar kunci dan kemampuan untuk mengontrol Apple Watch dari iPhone.

Jika kamu terbiasa menyalin teks dari foto, sekarang dapat melakukan hal yang sama dalam video di iOS 16.

Untuk menjaga privasi, Apple menambahkan Mode Penguncian ke iOS 16, yang menambahkan perlindungan “ekstrim” bagi orang-orang yang mungkin menjadi sasaran spyware.

Mode Lockdown memblokir lampiran pesan, menonaktifkan pratinjau tautan, menonaktifkan beberapa teknologi penelusuran web secara default, dan bahkan memblokir panggilan FaceTime dari nomor yang tidak dikenal.

Dilansir laman The Verge, Selasa (13/9/2022), sama seperti iOS 15, tidak semua fitur yang diumumkan iOS 16 segera hadir hari ini.

Apple akan meluncurkan Perpustakaan Foto Bersama iCloud untuk keluarga akhir tahun ini, misalnya, yang memungkinkan kamu membuat dan berbagi perpustakaan foto iCloud terpisah dengan hingga lima anggota keluarga lainnya.

CarPlay versi generasi berikutnya juga tidak akan hadir hingga mobil yang kompatibel diumumkan “pada akhir 2023”.