tentang.co.id – Bisnis tidak akan bisa berkembang tanpa hadirnya pelanggan. Oleh karena itu, mereka selalu berupaya agar ada pelangganyang mau membeli produk atau jasa yang dijual. Tapi bagaimana cara bisnis mendapatkan pelanggan baru?

Ada beragam cara untuk menarik pelanggan baru. Misalnyadengan melakukan promosi di berbagai saluran komunikasi, fokus memberikan kebutuhan pelanggan dan masih banyak lagi.

Namun, mendapatkan pelanggan baru bukan berarti melupakanpelanggan lama atau yang sudah ada. Anda juga perlu berupayamempertahankan mereka agar tidak berpaling ke kompetitor.

Simak penjelasan bagaimana cara menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama berikut:

Siapa yang tidak tergiur dengan diskon atau promosi yang menguntungkan. Tak terkecuali pelanggan yang baru mengenalAnda. Baca Juga: Kak Seto Minta Polsi Lindungi Anak-anak Ferdy Sambo: Mohon Tidak Ada Diskriminasi

Promosi seperti diskon 30% untuk penggunaan pertama, biasanya efektif untuk menarik calon pelanggan yang telahmempertimbangkan untuk membeli produk Anda tetapi masihragu.

Buatlah konten edukasi pada kampanye pemasaran Anda yang menginformasikan kelebihan atan manfaat produk Anda. Hal iniakan membangun brand awareness.

Meski tidak berefek langsung, semakin kuat brand awareness yang terbentuk maka produk Anda makin dikenal banyak orang. Dengan begitu akan membangun kepercayaan mereka terhadapproduk Anda.

Ketatnya persaingan bisnis, membuat Anda harus putar otakmemikirkan strategi pemasaran yang disukai pelanggan. Pasalnya pelanggan merasa jenuh melihat kampanye marketing yang monoton.

Cobalah terus berinovasi memikirkan strategi kampanye yang out of the box. Ikuti tren yang sedang hangat dibicarakan target pasar Anda. Jangan ragu untuk berkolaborasi dengan influencer marketing jika diperlukan.

Di era digital saat ini, banyak platform yang bisa bisnis gunakanuntuk menjangkau pelanggan seperti Facebook, Instagram, Website, dan lainnya. Anda juga dapat mengirim pesan massal seperti melalui aplikasi WA Blast.

Semakin banyak informasi menarik yang Anda tampilkan, akanmendorong mereka untuk berinteraksi lebih dengan denganbisnis Anda. Mereka yang berinteraksi akan menjadi leads yang bisa Anda tindaklanjuti menjadi pelanggan baru.

Selain pemasaran offline, mungkin Anda juga memanfaatkan platform digital seperti sosial media untuk memasarkan produk. Manfaatkan fitur-fitur yang mereka miliki untuk menjaring leads potensial.

Misalnya target pasar generasi Z akan lebih menyukai fitur-fiturInstagram seperti story atau highlights untuk melihat produk-produk menarik dari sebuah brand. Anda juga bisa gunakan fitur Marketplace pada Facebook untuk menawarkan Produk Anda.

Anda tidak perlu kecewa saat target pelanggan Anda batalmembeli produk Anda. Sebaliknya Anda harus bertanya alasanmereka melakukan hal tersebut. Gunakan jawaban mereka untukmemperbaiki kualitas produk dan layanan Anda agar sesuaidengan kebutuhan mereka.

Terakhir, Anda bisa mendorong pelanggan lama Anda untuk mengikuti program referral marketing. Tentu saja dengan komisimenggiurkan saat mereka berhasil membawa pelanggan baru.

Selain itu, Anda juga bisa menggoda target pelanggan Anda untuk membawa teman mereka agar menggunakan produk Anda juga. Misalnya, melalui program promosi sederhana yang menawarkan “beli satu gratis satu”.

Demikianlah cara mendapatkan pelanggan baru, tanpa takutkehilangan pelanggan lama. Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan terutama dalam mengoptimalkan jangkauan pasar dan penggunaan sosial media.

Hal tersebut akan lebih mudah apabila Anda menggunakan

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan aplikasi CRM terbaik dan WhatsApp API di Mekari Qontak sekarang!***