tentang.co.id – Sejak pandemi Covid-19, gaya hidup masyarakat, tak terkecuali generasi milenial dan gen Z, mulai berubah. Banyak anak-anak muda lebih memilih berbelanja online karena dianggap lebih murah dan praktis. Terlebih, kondisi tersebut terjadi karena terbatasnya mobilitas masyarakat imbas pandemi Covid-19.

Menurut survei Kumparan terhadap 577 responden menunjukkan Tokopedia sebagai e-commerce platform yang paling sering digunakan oleh milenial dan Gen Z, paling tepercaya, dan aman.

Responden survei bertajuk “Persepsi Kepercayaan dan Kenyamanan Bertransaksi di E-commerce” ini didominasi oleh generasi milenial dan gen Z. Sebanyak 64,9 persen responden adalah mereka yang berada di rentang usia 22- 31 tahun.

Tokopedia mengungguli Shopee, Lazada, Blibli, Bukalapak, dan JD.id, sebagai platform e-commerce dengan merchant paling tepercaya, memiliki layanan customer service paling baik, menyediakan metode pembayaran terlengkap, menyediakan layanan pengiriman terlengkap, hingga paling nyaman untuk melakukan pencarian produk.

Baca Juga: Soroti Rekaman CCTV Versi Ferdy Sambo, LPSK: Isinya Dikasih Narasi yang Pengaruhi Penonton

Tokopedia dan Shopee bersaing ketat sebagai platform e-commerce favorit para perempuan milenial dan gen Z. Mayoritas responden di segmen ini memilih Tokopedia sebagai e-commerce paling favorit (50,4 persen) dan Shopee berada di peringkat kedua (45,9 persen).

Pada produk fesyen, Tokopedia juga menjadi e-commerce favorit lalu diikuti Shopee dan Lazada.

Berdasarkan survei tersebut, ada beberapa hal yang memengaruhi keputusan milenial dan Gen Z untuk belanja di e-commerce yaitu:

Survei Kumparan ini dilakukan secara daring pada 23 Juli hingga 5 Agustus 2022 yang melibatkan 577 responden dari berbagai kota di Indonesia berusia 17 hingga 35 tahun ke atas, dan melakukan transaksi di e-commerce lebih dari lima kali dalam sebulan.***