Merdeka.com – Beredar di media sosial Facebook berupa unggahan video yang klaim bahwa minum air di waktu yang tidak tepat menyebabkan penyakit hingga menimbulkan gangguan fungsi hati.

Waktu tidak tepat yang disebutkan, yaitu setelah makan, setelah olahraga, setelah makan buah, dan setelah mandi. Dalam video tersebut mencatut nama dr. Leonard Smith, yang disebut sebagai sumber informasi dari narasinya.

Kominfo

Penelusuran

Berdasarkan laporan hoaks Kominfo, klaim minum air di waktu yang tidak tepat menyebabkan penyakit adalah tidak benar. Dokter spesialis penyakit dalam yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH menjelaskan waktu ketika minum air putih tidak akan berpengaruh pada fungsi hati.

“Hoaks, air putih bisa dikonsumsi kapan saja,” ujar Ari yang juga menjabat sebagai Dekan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dilansir Kompas.com, Kamis (28/7/2022).

Kebiasaan minum air yang dapat mengganggu kesehatan adalah terkait jumlahnya, bukan kapan air diminum.

Kebiasaan minum air yang dapat mengganggu kesehatan adalah terkait jumlahnya, bukan kapan air diminum. Terlalu sedikit atau terlalu banyak minum air bisa mengganggu kesehatan.

Selain itu, pernyataan dr. Leonard Smith yang membicarakan tentang air minum pernah dipublikasikan Mel Magazine pada 23 Agustus 2017. Dalam pernyataannya, dr. Leonard Smith menganjurkan agar orang-orang meminum air secara perlahan. Tidak ada pernyataan mengenai waktu yang tidak tepat untuk meminum air.

Dia menyebut, minum terlalu cepat dapat mengeluarkan sebagian besar sebagai urin, yang akan berdampak memperlambat proses hidrasi.

“Anda harus menyesap air secara perlahan, dua hingga tiga ons sekaligus, sepanjang hari. Jika Anda minum terlalu cepat, Anda berisiko mengencerkan darah Anda, yang dapat menyebabkan ekskresi air lebih cepat oleh ginjal,” kata dia.

Kesimpulan

Klaim minum air di waktu yang tidak tepat menyebabkan penyakit adalah tidak benar. Minum air putih bisa dilakukan kapan saja, kebiasaan minum air yang dapat mengganggu kesehatan adalah terkait jumlahnya, bukan kapan air diminum.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.kominfo.go.id/content/detail/43390/hoaks-waktu-minum-air-yang-menyebabkan-penyakit-hingga-gangguan-fungsi-hati/0/laporan_isu_hoaks
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/07/28/175600482/-hoaks-waktu-minum-air-yang-menyebabkan-gangguan-fungsi-hati?page=all

[noe]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.