Merdeka.com – Honda memulai kompetisi Honda Racing Simulator Championship (HRSC) musim ke-3 pada tahun ini. HRSC musim 3 menyajikan tantangan lebih bagi para peserta dengan mobil dan sirkuit baru, serta membuka kompetisi untuk pendaftar dari seluruh dunia.

Pendaftaran babak kualifikasi dibuka sejak 26 Juli dan ditutup pada 18 Agustus 2022. Hingga saat ini, sebanyak 118 peserta domestik dan mancanegara mendaftar.

Kompetisi HRSC 3 akan digelar pada 27 Agustus-26 November yang mana setiap seri dapat disaksikan secara langsung melalui Youtube @Hondaisme.

HRSC merupakan sebuah kejuaraan simulator balap online yang pertama kali digelar oleh pabrikan otomotif di Indonesia yang dimulai pada 2020. Seperti tahun lalu, para peserta akan menggunakan program simulator balap dengan Rfactor 2. Program tersebut merupakan salah satu simulator balap dengan grafis dan sensasi berkendara yang paling mendekati nyata.

Selain terbuka peserta dari seluruh dunia, HRSC 3 juga akan menghadirkan kelas dan mobil baru, yaitu Honda City Hatchback RS. Plus beberapa sirkuit baru: Sirkuit Zandvoort (Belanda), Istanbul (Turki), Hockenheimring (Jerman), dan Oulton Park (Inggris). Melengkapi berbagai sirkuit internasional yang sudah ada, seperti Road Atlanta (Amerika Serikat) dan Suzuka (Jepang).

Selain balapan, HRSC musim ini juga membuka peserta untuk mengikuti livery contest yang dimulai hingga 18 Agustus. Livery Contest HRSC 3 merupakan kompetisi desain grafis dengan platform digital dan model New Honda Civic Type R, Honda City Hatchback RS, dan Honda Brio RS Urbanite sebagai kanvasnya.

Adhi Parama Sugarda, Communication Strategy Senior Manager PT Honda Prospect Motor, mengatakan selama dua tahun diselenggarakan, HRSC mendapat sambutan hangat dari para pecinta balap mobil virtual. Jumlah peserta meningkat setiap tahun.

“Pada musim ini, kami menambah keseruan dengan membuka pendaftaran untuk peserta domestik dan mancanegara. Ini untuk menunjukkan para SimRacer di Indonesia mampu bersaing dengan para pembalap Internasional, serta menambahkan berbagai aktivitas yang membuat semakin banyak orang menikmati keseruan balapan,” ujar Adhi Parama saat jumpa pers di Dreams Cafe Jakarta, Senin (1/8).

Perlombaan ini menawarkan total hadiah lebih Rp 100 juta. Para peserta akan mendapatkan hadiah berdasarkan pengumpulan poin masing-masing. Sehingga peserta harus berusaha mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya yang akan diakumulasi pada seri terakhir.

Pada kelas New Honda Civic Type R, peserta akan mendapat Rp 65.000 per poin, kelas Honda City Hatchback RS Rp 20.000 per poin, dan kelas Honda Brio RS Urbanite Rp 10.000 per poin.

Sementara pemenang lomba Livery Contest dipilih dari desain grafis terbaik dari tipe mobil. Para pemenang masing-masing akan mendapat hadiah Rp 1,2 juta. Kemudian juga ada pemenang dari pilihan terbanyak di media sosial.

Pada HRSC 3 ini, Honda kembali bekerjasama dengan HM Engineering sebagai penyelenggara yang telah banyak berpengalaman menggelar kejuaraan balap kelas dunia. Ajang HRSC 3 tahun ini juga didukung oleh PT Lintec Jakarta (Wincos Indonesia), PT Nippon Oil Indonesia (Eneos Indonesia), dan PT Optima Elektronik Manufaktur (Faurecia Clarion Electronics) yang tampil sebagai sponsor.

Pendaftaran ajang HRSC 3 terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website www.honda-indonesia.com dan ikuti Instagram, Facebook dan Twitter @Hondaism

[sya]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.