PT Hotel Sahid Jaya International, Tbk, (Hotel Sahid) mencatatkan kenaikan  pendapatan sebesar 24,8% pada tahun 2021 atau sebesar Rp 69,42 miliar dari total pendapatan tahun  2020 sebesar Rp 55,62 miliar, serta menyiapkan program 4 Pilar #SahidTangguh dalam menghadapi  kenormalan baru.

Hal itu disampaikan Direktur Utama PT Hotel Sahid Jaya International, Tbk. Hariyadi  Sukamdani usai memberi keterangan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahun 2021 dan  Public Expose 2022, di Jakarta (5/8/2022).

Setelah tahun 2020 terkoreksi, pada 2021 Indonesia tercatat mengalami peningkatan  pertumbuhan ekonomi sebesar 3,69% seiring mulai pulihnya sektor-sektor dan kenaikan terbesar  ditopang oleh Konsumsi Rumah Tangga, meskipun belum pulih seperti di tahun 2019. Hal ini berimbas  positif pada kinerja Hotel Sahid  yang mana pada operational performance tahun 2021,  tarif kamar rata-rata naik 0,03%, namun tingkat hunian relatif stabil dengan kenaikan 11,4%.

“Memasuki fase pemulihan di semester kedua 2022, tingkat hunian perlahan pulih selama semester  pertama 2022. Pemulihan profitabilitas merupakan fokus utama bagi kami dimana manajemen akan  mempertahankan EBITDA di atas 33%,” jelas Hariyadi. Pendapatan mulai tumbuh dengan pelonggaran pembatasan dan  meminimalkan biaya yang telah dilakukan.

Emiten perhotelan ini juga menyiapkan program 4 Pilar #SahidTangguh dalam menghadapi  kenormalan baru. Keempat pilar itu terdiri dari dari #SahidTangguh  berinovasi produk, #SahidTangguh dalam Kualitas, #SahidTangguh pelayanan dan #SahidTangguh berkontribusi sustainability. 

Pada Program #SahidTangguh berinovasi produk, Hotel Sahid mengeksplorasi penawaran produk dan jasa yang inovatif, diluar produk kamar hotel, makanan dan minuman melalui pengoptimalan lahan dan ruang yang dimiliki di seluruh properti., Tbk, juga memperluas kegiatan dan acara di ruang terbuka dan berkolaborasi dengan  pihak ketiga untuk formulasi produk dan jasa baru. 

“Kami telah meluncurkan Smart Meeting Room sebagai The Intelligent space integrated technology to  create an incredible productive meeting experience, pada kuartal kedua tahun 2022 dan menggelar Car  Free Day Corner dengan menjual produk makanan setiap hari Minggu. Program ini telah  diluncurkan pada kuartal keempat tahun 2021 hingga saat ini,” papar Hariyadi.

Kemudian pada Program #SahidTangguh dalam Kualitas,  perseroan  aktif  melakukan program peningkatan dan renovasi aset dan telah diimplementasikan untuk meningkatkan  kualitas aset properti guna memperpanjang masa penggunaannya. 

“Pada kuartal ketiga 2021, kami melakukan renovasi pada Solo Lounge yang meliputi renovasi interior,  pencahayaan dan kursi. Kami pun melakukan renovasi pada Bengawan Solo Lounge yang meliputi  renovasi interior, pencahayaan dan kursi. Selain itu, kami juga terus melakukan standardisasi desain dan  interior serta digitalisasi proses pemantauan aset,” ungkapnya.

Program ketiga atau Program #SahidTangguh pelayanan, perseroan menjalankan standar pelayanan Hospitality 4.0. Hotel Sahid Jaya terus  berkomitmen meningkatkan layanan perhotelan low contact yang memberikan kenyamanan dan  kebersihan para tamu, serta melakukan pengenalan aplikasi e-Concierge untuk meningkatkan customer  experience selama masa penginapan. 

“Kami terus memberikan pelayanan optimal untuk  memberikan kenyamanan dan kebersihan para tamu selama menginap. Untuk itu kami membangun  Sahid Reputation Management System yang merupakan online dashboard customers review selama  menginap di unit Sahid Hotels & Resort baik domestik dan international customers,” jelas Hariyadi.

Lalu, perseroan menyiapkan Direct Booking Platform. Platform ini memberikan penawaran khusus bagi pelanggan  yang melakukan reservasi langsung ke website. Tak ketinggalan, membuat program Sahid Connextion yang  merupakan Loyalty Program untuk domestic membership di semua unit Sahid Hotels & Resorts.

Selanjutnya, program #SahidTangguh berkontribusi sustainability yang merupakan program pilar  keempat,  perseroan melakukan peningkatan kontrol dan pemantauan  konsumsi sumber daya, terus melakukan langkah aktif untuk mendorong operasi low carbon, melakukan  transisi ke energi rendah emisi dan menjelajahi offset bersertifikat. Pada program ini,  berupaya memberikan kontribusi lebih terhadap perwujudan Hotel Net Zero  Carbon melalui kegiatan operasional dan pemberhentian penggunaan produk tidak ramah lingkungan. 

Sebagai wujud kontribusi sustainability, perseroan aktif melakukan program kontrol dan pemantauan. Kami terus berupaya mengurangi konsumsi air, gas dan listrik. Di sisi lain, kami juga terus melakukan  variasi jadwal pemanasan dan pendinginan serta melakukan system pengoperasian pengelompokan  kamar. Tak hanya itu, kami juga memiliki program Food Waste. Program dilakukan perseroan  dengan mengurangi sampah makanan yang tidak diperlukan.

“Kami juga menggelar program Roof Top  Farming Grand Sahid Jaya. Roof Top Farming memiliki kemampuan penting dalam memastikan  food sustainability dan juga sebagai bagian dari pertanian perkotaan. Hal ini akan sangat penting dalam  membangun kota yang berkelanjutan,” jelasnya.

Swa.co.id


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.