Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, SEOUL – Korea Selatan sepakat untuk memperluas kemitraan kesehatan globalnya dengan yayasan yang didirikan oleh pendiri Microsoft Corp, Bill Gates.

Dikutip dari Reuters, Rabu (17/8/2022) kesepakatan itu terjadi setelah Bill Gates tiba di Korea Selatan pada Senin (15/8/2022) malam, menyerukan Seoul untuk memainkan peran yang lebih besar dalam kesehatan global dan untuk meningkatkan bantuan.

“Perjanjian tersebut termasuk memperkuat kerja sama di sektor swasta dan publik antara Yayasan Bill & Melinda Gates dan Korea Selatan dalam proyek-proyek seperti dana penelitian kesehatan global, dan meningkatkan kerja sama dengan organisasi kesehatan termasuk CEPI,” kata kementerian luar negeri dan kesehatan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Dana Patungan Tanggap Pandemi 1,28 Miliar Dolar AS, Ada dari Bill Gates Foundation

Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI) bekerja dengan organisasi publik, swasta, filantropi, dan masyarakat sipil untuk mengembangkan vaksin melawan epidemi di masa depan.

Sementara itu, kementerian luar negeri dan kesehatan Korea Selatan juga mengatakan bahwa pihaknya akan membantu melatih 370 orang dari negara berpenghasilan rendah dalam produksi vaksin tahun ini, yang akan diperluas menjadi 2.000 orang per tahun mulai 2026.

“Ini adalah momen krisis bagi kesehatan global. Ini juga waktu yang tepat bagi yayasan kami untuk memperkuat kemitraan dengan Korea Selatan, memberikan ide-ide hebat untuk alat-alat baru dan lebih banyak sumber daya untuk membantu mereka yang membutuhkan,” kata Bill Gates dalam pidato di Majelis Nasional.

Saat bertemu dengan Ketua Majelis Nasional Korea Selatan. Kim Jin-pyo dan anggota parlemen lainnya, Gates menyerukan peningkatan dana untuk kelompok-kelompok yang turut membantu meningkatkan kondisi kesehatan di negara-negara miskin.

Bill Gates kemudian melanjutkan pertemuan dengan Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol.

Baca juga: Bill Gates: Sinyal Munculnya Resesi Sangat Kuat, Ajak Tetap Optimis dalam Jangka Panjang

Dalam pertemuannya dengan Bill Gates, Yoon mengatakan bahwa pemerintah Korea Selatan menginginkan hubungan kerja sama dengan yayasan Bill Gates untuk meningkatkan teknologi bio-health berkualitas tinggi.

Selain itu, Bill Gates juga mengadakan pertemuan dengan para pemimpin di SK Bioscience yang menerima dana 10 juta dolar AS dari CEPI untuk mengembangkan vaksin Covid-19.


Artikel ini bersumber dari www.tribunnews.com.