tentang.co.id – Pengguna WhatsApp bisa menggunakan sejumlah fitur untuk membuatnya seakan sedang offline meski sedang menggunakan platform itu. Sebab terkadang enggan terpantau sedang online atau malas membalas WhatsApp.

Berikut beberapa cara untuk membuat WhatsApp terlihat sedang offline, dikutip laman AppTuts, Minggu (1/10/2022):

Fitur ini hadir untuk memberikan informasi kapan terakhir kali pengguna online dan menggunakan WhatsApp. Jika ingin tampil offline, matikan Last Seen.

Caranya dengan menyentuh ikon tiga titik vertikal di sudut kanan atas. Berikutnya pilih Settings atau setelah dan pilih akun dan tap privasi.

Pada bagian ‘Who can see my personal info’ sentuh Last Seen. Berikutnya pilih Nobody (tidak ada) untuk mengaplikasikan fitur tersebut pada seluruh kontak yang disimpan dan nomor tidak dikenal.

Pesan terkirim dan dibaca akan ditandai dengan centang dua berwarna biru. Kamu perlu mematikan fitur ini untuk tidak terlihat sedang menggunakan WhatsApp, berikut caranya:

1. Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas WhatsApp2. Pilih Setting3. Pilih Akun, lalu klik Privasi4. Geser toggle opsi pada pilihan Laporan Dibaca atau Read Receipts5. Centang biru pun langsung dinonaktifkan.

Kamu juga bisa nampak tak sedang menggunakan WhatsApp dengan menyembunyikan Status. Pengguna dapat mengatur siapa yang bisa melihatnya.

Caranya pertama klik Privasi dan cari opsi Status. Beriktunya akan terlihat jendela dan pilih opsi kepada siapa status dibagikan. Sebagai informasi, “Kontak saya” akan menunjukkannya kepada semua orang, “Kontak saya kecuali …” akan menampilkannya ke semua kontak kecuali yang dipilih, dan “Hanya bagikan dengan” akan memungkinkan pengguna memilih orang yang ingin melihat status yang dibuat.